Cara Menginstall OS WIn XP

komputer tanpa OS tidak akan bisa di jalankan karena dengan OS lah semua program dapat di jalankan . Win Xp merupakan OS yang paling banyak di gunakan dan sudah sangat familiar di kalangan masyarakat walaupun saat ini sudah mulai banyak pembaharuan seprti win 7 dan win 8. namun keberadaan win xp sudah tidak diragukan lagi, baik dari segi kehandalan dan ponggunaannya yang relatif cukup mudah. kini win XP cukup menjadi pilihan tepat untuk sistem OS anda, terutama jika kapasitas harddisk dan ram anda kecil. baik lah saya akan memberikan gambaran tentang proses instalasi win XP. namun sebelum menginstal nya pastikan anda mempunyai CD - ROM jika anda menginstal di Laptop yang tidak memiliki CD Driver dan Kaset Instalasinya. 


SETTING BIOS
Sebagai contoh ini adalah Award BIOS, pada gambar yang dilingkari ubahlah menjadi CD/DVD, jika sudah simpan perubahan tersebut dengan menekan F10, setelah itu simpan setting tersebut dan keluar. Proses booting akan mendeteksi CD/DVD dahulu, jika benar maka akan muncul proses instalasi Microsoft Windows ( selanjutnya disebut saja dengan Windows ). Tekan sembarang tombol untuk memasuki proses instalasi Windows.


CD Windows XP akan dibaca, dan akan keluar keterangan yang membingungkan di bawahnya, itu adalah indikasi bawah Windows sedang meload file-file tertentu untuk proses instalasi.
tekan salah satu tombol di keyboard untuk mulai proses instalasi. 

Jika Windows sudah selesai membaca file-file tersebut maka akan muncul tampilan “Welcome Setup“ berikut

To set up Windows XP now, press ENTER
Maksudnya kita kita memulai melakukan instalasi Windows, maka cukup menekan tombol ENTER

PARTISI HARD DISK
Jika anda setuju sekarang saatnya masuk ke proses pemilihan partisi hardisk, seandainya hardisk tersebut masuk baru maka akan ada tampilan seperti ini



Maksudnya proses instalasi membaca adanya satu hardisk yang besarnya 19093 MB atau 20 GB, jika kamu  dah yakin sesuai keberadaan hardisk tersebut tekan enter saja, untuk melakukan proses formating hardisk, format hardisk adalah membentuk blok dan cluster di dalam kepingan hardisk.

FORMAT HARD DISK
Anda bisa memilih tipe partisi, bisa FAT atau NTFS. Jika pilihan sudah benar pilih salah satu dan tekan enter, maka instalasi akan meneruskan ke tahap selanjutnya

Ini contoh proses formating sedang berlangsung
Proses selanjutnya akan secara otomatis meload file-file windows untuk dicopy ke dalam hardisk.



INSTAL
Jika selesai tercopy saatnya booting ulang, alias restart dengan sendirinya.
proses instalasi selanjutnya akan dimulai dengan munculnya logo Windows

Setelah melewati tahap ini kita diminta untuk memasukan parameter yang diminta dalam proses instalasi. Regional and Language Options, adalah memasukan lokasi dan bahasa yang digunakan, untuk bahasa Indonesia saat ini belum ada, kecuali dalam Windows XP Starter Edition.

Memasukan 25 key yang ada di box atau cd

 

Proses selanjutnya memasukan password sistem, password di sini bukan password saat kita masuk ke Windows, tetapi password yang akan digunakan jika kita hendak mereparasi windows atau masuk safe mode
Memasukan setting jam dan tanggal serta Time Zone


Setting network bisa anda abaikan dengan tekan typical saja
Sampai tahap ini kita akan menunggu sampai Windows selesai melakukan instalasi, jika proses selesai Windows akan melakukan restart atau booting ulang.
Setelah booting ulang maka Windows akan melakukan setting lagi bagi pengguna atau final setup, setting terakhir dan Windows akan mulai bisa digunakan secara default

 
Ucapan Welcome to Microsoft Windows jika berhasil akan muncul seperti gambar, kita memasukan nama pengguna dengan menekan tombol di sebelah kanan bawah
Tahap ini kamu disuruh memilih apakah PC kamu memerlukan perlindungan. pilih not, right now. hal ini di karenakan jika os kita bukan asli maka untuk perlindungan kita tidak mengharuskan untuk di update karena jika os kita palsu dan kita update maka di kwatirkan bisa terjadi blacklist oleh micrososft. 

Tahapan ini kamu disuruh memilih apakah komputer kamu akan terhubung ke internet / jaringannya

Tahap ini kamu disuruh memilih dengan apa komputer kamu berhubungan ke internet

Pada tahap ini kamu disuruh memilih apakah kamu siap mengaktifkan Windows

Tahap selanjutnya kamu disuruh untuk menjawab apakah kamu siapa daftar di microsoft

Tahap ini kamu di suruh untuk mengisi pertaanyaan yang ada. isi pertanyaan yang memang anda butuhkan. dan jika anda rasa itu tidak penting atau anda tidak menegrti dengan pertanyaan itu anda pilih saja no selanjutnya next sampai selesai. 
Setelah itu muncul tulisan “Thank you

Selesai anda telah berhasil menginstal 


Catatan : 
Setelah anda selesai  menginstal segeralah menginstal driver dari komputer / laptop anda dan jangan pernah membuka local disk D / tempat penyimpanan anda hal ini untuk meminimalisir enyebaran virus karena di takutkan dalam partisi anda terdapat banyak virus. setelah penginstalan selesai maka segeralah menginstal antivirus untuk komputer / laptop anda, setelah itu update dan lakukan scaning sampai komputer anda benar - bebanr bersdih dari virus. baru setelah itu silahkan anda menginstal rpogram yang memang di perlukan. 

1 Response to "Cara Menginstall OS WIn XP"

  1. kurang lengkao min hehee..
    http://www.mmionline.net/

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme