GERBANG LOGIKA

Elektronik Digital atau Rangkaian Digital apapun tersusun dari apa yang di sebut sebagai Gerbang Logika. Gerbang logika melakukan operasi logika pada satu atau lebih input dan menghasilkan output yang tunggal. Output uang di hasilkan merupakan hasil dari serangkaian operasi logika berdasarkan prinsip - prinsip aljabar boolean. Dalam pengertian elektronik, Input dan Output ini diwujudkan dan Voltase atau arus (tergantung daru type elektronik yang digunakan). 
Setiap Gerbang Logika membutuhkan daya yang digunakan sebagai sumber dan tempat buangan dari arus untuk memperoleh voltase yang sesuai. 
Pada diagram rangkaian logika, biasanya daya tidak dicantumkan. Dalam aplikasinya, Gerbang logika adalah blok - blok penyusun dari perangkat keras elektronik. Gerbang logika  ini du buat dengan menggunakan Translator. Seberapa banyak transistor yang dibutuhkan, tergantung dari bentuk gerbang logika. Dasar pembentukan gerbang logika adalah tabel kebenaran (truth table). Ada tiga bentuk dasar dari tabel kebenaran yaitu AND, OR dan NOT. berikut adalah tabel - tabel dan bentuk gerbang logikanya : 


  1. Pada AND, bila ada dua buah input A dan B maka output atau signal hanya dihasilkan jika A = 1  dan B = 1
  2. Pada OR, bila dua buah input A dan B maka output atau signal akan dihasilkan jika salah satu atau kedua input bernilai 1
  3. Pada NOT, bila ada satu input mempunyai nilai tertentu maka operasi NOT akan menghasilkan output / signal yang merupakan kebalikan dari nilai inputnya. 
Selain bentuk dasar di atas, beberapa bentuk yang merupakan turunan dari bentuk dasar juga penting di ketahui. bentuk turunan terbagi menjadi 3 yaitu NAND, NOR dan XOR. NAND adalah hasil operasi NOT + AND, NOR adalah operasi NOT + OR sedangkan XOR adalah ekslusif OR. 
NAND dan NOR merupakan bentuk gerbang logika yang banyak sekali digunakan untuk membangun perangkat elektronik digital. 





»»  READMORE...

TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Secara umum tujuan RPL tidak berbeda dengan bidang rekayasa yang lain. Hal ini dapat kita lihat pada gambar di bawah ini :

Dari gambar di atas dapat diartikan bahwa bidang rekayasa akan selalu berusaha menghasilkan Output yang kinerjanya tinggi, biaya rendah dan waktu penyelesaian yang tepat. Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah : 
  1. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah 
  2. Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu 
  3. Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis Platform 
  4. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah 
»»  READMORE...

ELEMEN - ELEMEN PENTING DALAM KOMPUTER

Agar komputer dapat berfungsi sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem  komputer  (computer system) yang elemnnya terdiri dari HARDWARE, SOFTWARE dan BRAINWARE. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa Software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia (Brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya. 



  1. HARDWARE (Perangkat Keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware terdiri dari : 
    • Input/Output Device (I/O Device), terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, Keyboard, Mouse dan Printer. 
    • Storage Device (Perangkat Penyimpanan), merupakan media untuk menyimpan data sepeerti Disket, Harddisk, CD-I, Flashdisk dll.
    • Monitor/Screen Monitor, merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan Keyboard setelah dioleh oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU)
    • Casing Unit, merupakan tempat dari seluruh peralatan komputer, baik itu Motherboard, Card, periperhal lain dan Central Processing Unit (CPU). Casing Unit ini disebut juga dengan System Unit. 
    • Central Processing Unit (CPU), adalah salah satu bagian komputer yang penting, kerna jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya. Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya akan semakin mahal. 
  2. SOFTWARE (Perangkat Lunak), merupakan program - program komputer yan berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang di mengerti oleh komputer. Sotware terdiri dari beebrapa jenis, yaitu : 
    • Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novel, OS/1, Windows. Software di atas merupakan software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yan gterpasang pada komputer sehingga masing - masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali. 
    • Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll. Program Utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan / kelemahan dari system operasi, misalnya PC -Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah di hapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan. 
    • Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. merupakan program khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya di gunkana oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan ileh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programer komputer sesuai dengan permintaan /kebutuhan seorang/ lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
    • Program Paket, seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office dll. adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Sperti Ms-Office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat karyawan dan lain sebagainya. 
    • Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBASE, Visual Basic dll. merupakan sotware yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket, dll. Bahasa pemprograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu :
      • Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja. 
      • Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah di mana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari - hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti seperti STO artinya simpan (singkatan dari STOE) dan MIV artinya pndah (singkatan dari MOVE). yang tergolong dalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
      • High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari - hari, seperti Basic, dBASE, Visual Basic, VB Net dll
  3. BRAINWARE (User), adalah personil - personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti sistem analisis, pemrograman, operator, user dll. 
»»  READMORE...

Pengertian Elektronik Digital

Elektronik Digital adalah sistem elektronik yang menggunakan signal digital. Signal digital didasarkan pada signal yang bersifat terputus - putus. Biasanya dilambangkan dengan otasi aljabar 1 dan 0. Notasi 1 melambangkan terjadinya hubungan dan notasi 0 melambangkan tidak terjadinya hubungan. Contoh yang paling gampang untuk memahami pengertian ini adalah saklar lampu. Ketika kalian tekan ON berarti terjadi hubungan seingga dinotasikan 1, dan ketika kalian tekan OFF maka akan berlaku sebaliknya. 

Elektronik Digital merupakan aplikasi dari aljabar boolean dan digunakan pada berbagai bidang seperti komputer, telpon seluler dan berbagai perangkat lain. Hal ini karena elektronik digital mempunyai beberapa keuntungan, antara lain : sistem digital mempunyai antar muka yang mudah dikendalikan denagn komputer dan perangkat lunak, penyimpanan informasi jauh lebih mudah dilakukan dalam sistem digital dibandingkan sistem analog. Namun sistem digitak juga memiliki kelemahan, yaitu : pada beberapa kasus sistem digital membutuhkan lebih banyak energi, lebih mahal dan rapuh. 


»»  READMORE...

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Istilah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) secara umum disepakati sebagai terjemahan dari istilah Software Engineering. Istilah  Software Engineering mulai dipopulerkan pada tahun 1968 pada Software Engineering Conference yang diselenggarakan oleh NATO. sebagian orang mengartikan RPL hanya sebatas pada bagaimana membuat program komputer. Padahal ada perbedaan mendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer.

Perangkat lunak adalah seluruh erintah yang digunakan untuk memproses informasi. Perangkat Lunak dapat berupa program atau prosedur. Program adalah Kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkan Prosedur adalah Perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi (O'Brien, 1999)

Pengertian RPL sendiri adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangakat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean (Coding), pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunankan. Dari pengertian ini jelaslah bahwa RPL tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan program komputer. Pernyataan "Semua aspek produksi " pada pengertian diatas, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksi seperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.

»»  READMORE...

REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)

 Sejarah Software Engineering 
Rekayasa perangkat lunak telah brkebang sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an hingga kini. Focus utama pengembanannya adalah untuk mengembangkan praktek danteknologi untuk meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak dan kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh pemakai. 


Istilah Software Engineering digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal tahun 1960-an. saat itu, masih terdapat perbedaan tajam mengenai aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak. Pada tahun 1968 dan 1969, komite sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat luna, yang memberikan dampak kuat terhadap pengembangan rekayasa pereangkat lunak. banyak yang menganggap dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa oerangkat lunak. 


Pada tahun 1960-an hingga 1980-an, banyak masalah yang ditemukan para praktisi pengembangan perangkat lunak. banyak project yang gagal, hingga masa ini dsebut sebagai krisis perangkat lunak. Kasus kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi mulai dari project yang melebihi anggaran, hinggan kasus yang mengakibatkan kerusakan fisik dan kematian. Salah satu kasus yang terkenal antara lain meledaknya roket Ariane akibat kegagalan perangkat lunak. Selama bertahun - tahun, para peneliti memfokuskan usahanya untuk menemukan teknik jitu guna memecahkan masalah krisis perangkat lunak. Berbagi teknik, metode, alat, proses diciptakan dan diklaim seagai sejata pamungkas untuk memecahkan kasus ini. Mulai dari pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi objek, perangkat pembantu pengembanganperangkat lunak (CASE TOOLS), berbagai standar, UML hingga metode formal diagung - agungkan sebagai senjata pamungkas untuk meghasilkan software yang benar, sesuai anggaran dan tepat waktu. Pada tahun 1987, Fred Brooks menulis artikel NO SILVER BULLET, yang berproposisi bahwa tidak ada satu teknologi atau praktek yang sanggup mencapai 10 kali lipat perbaikan dalam produktivitas pengembangan perangat lunak dalam tempo 10 tahun. 


Sebagian berpendapat, No Silver Bulletberarti profesi rekayasa perangkat lunak dianggap telah gagal. Namun sebagian yang lain justru beranggapan, hal ini menandakan bahwa bidang profesi rekayasa perangkat lunak telah cukup matang, karena alam bidang profesi lainnya pun, idak ada teknik pamungkas yang dapat digunakan dalam berbagi kondisi.
»»  READMORE...

JARINGAN

Apa Itu Jaringan ? 

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Konsep Jaringan 
 2 komputer di katakan teroneksi bila tara keduanya bisa saling bertukar informasi (Sharing)

Klasifikasi Jaringan

  1. Teknologi Informasi, Jaringan Broadcast 
  2. Jarak, pembeda untuk jaringan yang akan dibuat. dengan adanya jarak dapat didefinisikan jenis jaringan yang akan buat (LAN, MAN dan WAN)


Media Transmisi
yaitu Menghubungkan secara fisik dari satu komputer ke komputer yang lain. untuk komunikasi data antar komputer medianya berupa :

  1. Kabel
    • Untuk jaringan LAN
      • UTP (Unshielded Twisted Pair)
        • Mempunyai 4 pasang kabel kembar
        • Jarak terjauh 100 m
        • Untuk Topologi Star
        • Dihubungkan dengan Konektor Rj-45
        • Memiliki kategori 1,2,3,4 dan 5
        • Masalah yang dihadapi : CROSSTALK (berlawanan)
      • STP (Shielded Twiwted Pair)
      • Koaksial
        • Memiliki 1 Konduktor Coper ditengah
        • Untuk Topologi Star
        • Jangkauan Bentangan Maksimum 500 m
      • Fiber Optik
        • Memiliki Transmisi sinyal yang lebih jauh
        • Mempunyai kecepatan transmisi data yang baik
        • Untuk fasilitas Konferense Radio / Layanan Interaktif
      • Wireless LAN
        • Menggunakan tansmisi wireless (WLAN)
        • Menggunakan media berupa Frekuensi Radio, Infrared atau Laser untuk berkomunikasi diantara WOrkstation & File server / HUB
        • Tiap segmen mempunyai sebuah Transceiver / antena untuk mengirim / menerima data
  2. Wireless
  3. Satelit
»»  READMORE...

KOMPUTER

Apa Itu Komputer ?
Kata Komputer berasal dari bahasa latin, yaitu COMPUTARE yang artinya menghitung. Dalam bahasa inggris di sebut TO COMPUTE. Secara definisi Komputer dapat di terjemehkan sebagai  "Sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama yang dapat melakukan proses menginput (memasukkan/menerima data), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) yang terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di dalam memory "


dari pengertian diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa komputer berfungsi dalam membantu manusia dalam pekerjaan yang berhubungan dengan data dan informasi. cara kerja komputer terbagi menjadi 3 yaitu : 



  1. INPUT DEVICE (Peralatan Input) , Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk proses memasukkan data / informasi awal ke dalam memory komputer. perangkat yang di gunakan dalam hal ini seperti : 
  2. Keyboard
    Mouse
    JoyS
    • Keyboard,
    • Mouse
    • Joystik
  3. PROSESOR, Merupakan perangkat utama komputer yang fungsinya untuk mengelola seluruh aktifitas komputer. Prosesor terdiri dari tiga komponen utama, yaitu :
    • Control Unit (CU)/Kontrol , Merupakan Komponen utama prosesor yang bertugas mengontrol semua perangkat yang terpasang oada komputer, mulai dari input device sampai output device.
    • ALU (Arithmetich Logic Unit)/Aritmatika dan Logika, merupakan bagian dari Prosesor yang mempunyai tugas khusus untuk mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan)
    • Memory Unit, Berfungsi sebagai unit pendukung, di mana perintah - perintah yang sering digunakan oleh prosesor akan tersimpan sementara / permanen pada bagian ini. memori terbagi atas 2 macam, yaitu 
      • Internal , misalnya RAM , yaitu memory yang dapat di akses secara random. Bersifat sementara penyimpanannya yang berfungsi saat komputer hidup, ketika komputer mati maka seluruh data yang tersimpan dalam memory internal ini akan hilang kecuali jika telah dipindahkan dalam memory External. tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer. 
      • Eternal, misalnya Harddisk, Disket & Flashdisk, yaitu memori yang bersifat permanen penyimpanannya. dimana dapat meyimpan data secara tetap meskipun komputer dalam keadaan mati data tersebut tidak akan hilang.
    • ROM (Read Only Memory), Media penyimpanan program yang dibutuhkan untuk pengenalian fungsi - fungsi dasar komputer (BIOS). Memory ini hanya bisa dibaca, tidak dapat di hapus ataupun diubah, dan sudah diisi oleh pabrik komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupka. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk  mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. saat ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak mecamnya, antara lain:
      • PROM (Programabke ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi di program.
      • RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan ROM dari versi PROM di mana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang kita inginkan.
      • EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
      • EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mnegubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak dihunakan saat ini. 
  4. OUTPUT DEVICE (Perralatan Keluaran),  Merupakan perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu kertas (hardcopy), ke layar monito (softcopy) atau keluaran berupa gambar dan suara  dan ini merupakan proses menyampaikan informasi akhir ke user (pengguna) komputer. perangkat yang di gunakan dalam hal ini seperti : 

    Monitor


    Speaker
    • Monitor 
    • Speaker
    • Printer


Printer



Dari gambar serta penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa prinsip kerja komputer adalah dengan di awali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut di oleh sedemikian rupa oleh CPU sesuai yag kita inginkan dan data yang telah dioleh tadi disimpan dalam memory komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
»»  READMORE...

MICROSOFT OFFICE

Apa yang dimaksud dengan Microsoft Office ?


Microsoft Office adalah perangkat lunak komputer jenis baru yang paling terkenal terutama untuk perangkat kantor. Perangkat kantor menjadikan aplikasi komputer utama yang diperlukan dlam dunia perkantoran yang lazim baik dalam bidang bisnis maupun Teknik dalamsuatu paket tunggal. Hingga kini Program / Software Microsoft Office ini masih terus dikembangkan, demi perbaikan dan kemudahan - kemudahan dalam penggunaannya, mulai Microsoft Office 4.3 dan 7.0, Office 97, Office 2000, Office 2003, Office Xp, Office 2007 dan yang terbaru sekarang yang Microsoft Office 2010 yang lebih mempermudah penggunaanya kerena seluruh menu tools sudah dibentuk dan diperbaiki dengan menampilkan bentuk toolbar yang bagus. 





»»  READMORE...
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme