MIDlet

Suatu aplikasi MIDP disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD).Suatu MIDlet tidak harus memiliki (dan memang harus tidak mempunyai) sebuah method public static void main(String[] argv).Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh AMS sebagai titik awal sebuah program.

1. Siklus MIDlet
kehidupan MIDlet dimulai ketika di-instantiate oleh AMS. MIDlet pada awalnya masuk status “Pause” setelah perintah baru dibuat. AMS memanggil constructor public tanpa argumen dari MIDlet. Jika sebuah exception terjadi dalam constructor, MIDlet memasuki status “Destroyed” dan membuangnya segera. 

MIDlet masuk ke dalam status “Active” atas pemanggilan method startUp() oleh AMS.

MIDlet masuk ke dalam status “Destroyed” ketika AMS memanggil method destroyApp(). Status ini juga kembali diakses ketika method notifyDestroyed() kembali dengan sukses kepada aplikasi. Dengan catatan bahwa MIDlet hanya bisa memasuki status “Destroyed” sekali dalam masa hidupnya.




2. MIDlet suites
Aplikasi-aplikasi MIDlet dibungkus dan dikirim kedalam perangkat sebagai MIDlet suites. Sebuah MIDlet suite terdiri dari Java Archive (JAR) dan sebuah tambahan Java Application Descriptor (JAD).File JAD adalah suatu file teks yang berisi satu set atribut-atribut, beberapa dibutuhkan.


»»  READMORE...

CDC

Connected Device Configuration (CDC) adalah super set dari CLDC. CDC menyediakan lingkungan Java runtime yang lebih luas dibandingkan CLDC dan lebih dekat kepada lingkungan J2SE.
CDC Java Virtual Machine (CVM) mendukung penuh Java Virtual Machine (JVM). CDC berisi semua API dari CLDC. CDC menyediakan suatu subset yang lebih besar dari semua class J2SE.Seperti CLDC, CDC tidak menggambarkan setiap class UI. Library UI digambarkan oleh profile-profile di bawah configuration ini.Semua class yang terdapat dalam CDC datang dari package ini:
●java.io 
●java.lang 
●java.lang.ref 
●java.lang.math 
●java.net 
●java.security 
●java.security.cert 
●java.text
 ●java.util 
●java.util.jar 
●java.util.zip 
CDC juga memasukkan di dalamnya GCF. CDC memerlukan jenis koneksi tambahan seperti file dan dukungan datagram. 

JTWI
The Java Technology for the Wireless Industry (JTWI) menetapkan satu set jasa dan spesifikasi standar. Berdasar spesifikasi JTWI, kata kuncinya adalah “untuk memperkecil fragmentasi API di dalam pasar telepon mobile, dan untuk mengirim spesifikasi yang dapat diprediksi,spesifikasi yang jelas untuk perangkat pabrik, operator, dan pengembang aplikasi”.Dengan penyesuaian kepada JTWI, banyak aplikasi akan berjalan di suatu set yang lebih luas pada perangkat. Perangkat pabrik juga akan beruntung karena sebuah aplikasi yang besar akan tersedia untuk perangkat mereka.



MIDP
The Mobile Information Device Profile (MIDP) berada di atas dari CLDC. Anda tidak bisa menulis aplikasi mobile hanya dengan menggunakan CLDC API. Anda harus tetap memanfaatkan MIDP yang mendefinisikan UI.Spesifikasi MIDP, kebanyakan seperti CLDC dan API lainnya sudah digambarkan melalui Java Community Process (JCP). JCP melibatkan sebuah kelompok ahli berasal dari lebih dari 50 perusahaan, yang terdiri atas pabrik perangkat mobile, pengembang software. MIDP terus berkembang, dengan versi-versi masa depan yang telah lulus dari proses ketat JCP. Spesifikasi MIDP menggambarkan suatu perangkat MID yang memiliki karakteristik-karateristik ini sebagai batas minimum:
•Tampilan: 
    •Ukuran Layar: 96x54 
    •kedalaman tampilan: 1-bit 
    •Ketajaman pixel: sekitar 1:1
•Masukan: 
    •Satu atau lebih mekanisme user-input: satu keybboard, dua keyboard, atau touch screen  
•Memory: 
   •256 kilobytes of non-volatile memory untuk implementasi MIDP.
   •8 kilobytes of non-volatile memory for application-created persistent data 
   •128 kilobytes of volatile memory for the Java runtime (e.g., the Java heap) 
•Jaringan: 
   •dua jalur, wireless, bandwidth terbatas
•Sound:  
   •Kemampuan untuk memainkan nada-nada

MIDP menggambarkan model aplikasi, UI API, penyimpanan dan jaringan yang kuat, permainan dan media API, kebijakan keamanan, penyebaran aplikasi dan ketetapan over-the-air.

»»  READMORE...

CLDC

The Connected Limited Device Configuration (CLDC) menggambarkan dan menunjuk pada area berikut ini:
●Fitur Bahasa Java dan Virtual Machine(VM)
●Library dasar(java.lang.*,java.util.*)
●Input/Output(java.io.*)
●Kemanan
●Jaringan
●Internationalization

1. Fitur yang hilang
Fitur tertentu dari J2SE yang dipindahkan dari CLDC adalah :
●Finalization of class instances
●Asynchronous exceptions
●Beberapa error classes
●User-defined class loaders
●Reflection
●Java Native Interface (JNI)
●Thread groups dan daemon threads

Reflection, Java Native Interface (JNI) dan user-defined class loaders potensial menjadi lubang keamanan. JNI juga membutuhkan memory yang intensif sehingga dimungkinkan untuk tidak mendapat dukungan dari memory rendah sebuah perangkat mobile.

2. Karakteristik perangkat CLDC
Perangkat yang diincar oleh CLDC mempunyai karateristik sebagai berikut:
●Memory minimal 192kb untuk platform Java.
●Prosesor dengan 16 atau 32 bit.
●Mengkonsumsi sedikit daya.
●Terbatas, koneksi jaringan yang sementara dengan pembatasan bandwith(biasanya wireless).

CLDC tidak menggambarkan instalasi dan daur hidup sebuah aplikasi, antarmuka(UI) dan penanganan peristiwa(event handling). Adalah merupakan tugas profile yang berada di bawah CLDC untuk menggambarkan area ini. Secara khusus, spesifikasi MIDP menggambarkan daur hidup aplikasi MIDP (MIDlet), library UI dan event handling(javax.microedition.lcdui.*).1.4.3 Verifikasi ClassSpesifikasi CLDC memerlukan semua class untuk melewati proses verifikasi dua tingkat. Verifikasi pertama dilaksanakan diluar perangkat sebelum instalasi pada perangkat. Verifikasi kedua terjadi pada perangkat selama runtime dan dilaksanakan oleh KVM.


4. Generic Connection Framework
The Generic Connection Framework menyediakan API dasar untuk koneksi dalam CLDC. Framework ini menyediakan suatu pondasi umum untuk koneksi seperti HTTP, Socket, dan Datagrams.GCF menyediakan suatu set API yang umum dan biasa yang memisahkan semua jenis koneksi. Perlu dicatat bahwa tidak semua jenis koneksi dibutuhkan untuk diterapkan oleh perangkat MIDP.Hirarki interface yang dapat diperluas dari GFC membuat proses penyamarataan menjadi mungkin. Jenis koneksi baru mungkin bisa ditambahkan ke dalam framework ini dengan memperluas hirarki ini.


»»  READMORE...

Pengembangan Aplikasi Mobil

Tujuan
Dalam kesempatan ini, kita akan mendiskusikan karateristik dari perangkat mobile, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi pengembangan program untuk perangkat ini. Kita akan diperkenalkan kepada Java 2 Mobile Edition (J2ME), termasuk pentingnya configuration dan profilenya.Pada akhir bab ini, pelajar diharapkan dapat menguasai :
●Mengidentifikasi karakteristik dari perangkat mobile
●Menjelaskan arsitektur J2ME
●Mengetahui peran atau aturan configuration dan profile
●Mengidentifikasi API yang disediakan oleh MIDP
●Menjelaskan daur hidup MIDlet

Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain dan layout, tetapi mereka memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem desktop.
●Ukuran yang kecil
Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka.
●Memory yang terbatas
Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk). Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penulisan program untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Dengan pembatasan jumlah dari memory, pertimbangan-pertimbangan khusus harus diambil untuk memelihara pemakaian dari sumber daya yang mahal ini.
●Daya proses yang terbatas
Sistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop. Ukuran, teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini. Seperti harddisk dan RAM, Anda dapat menemukan mereka dalam ukuran yang pas dengan sebuah kemasan kecil
.●Mengkonsumsi daya yang rendah
Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oleh baterai-baterai.
●Kuat dan dapat diandalkan
Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.
●Konektivitas yang terbatas
Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung. Kebanyakan dari mereka menggunakan koneksi wireless.
●Masa hidup yang pendek
Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari mereka selalu menyala. Coba ambil kasus sebuah handphone, mereka booting dalam hitungan detik dan kebanyakan orang tidak mematikan handphone mereka bahkan ketika malam hari. PDA akan menyala jika anda menekan tombol power mereka.

Gambaran J2ME
1. Platform JAVAJava 
dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling. Pada awalnya diberi nama Oak, dimana untuk menghormati pohon yang ada di luar jendela Gosling. Kemudian namanya diubah ke Java karena telah ada sebuah bahasa yang diberi nama Oak.Motivasi sesungguhnya dari Java adalah kebutuhan akan sebuah bahasa yang bisa digunakan pada berbagai platform yang bisa dimasukkan ke dalam berbagai produk elektronik seperti pemanggang roti dan lemari es. Salah satu dari proyek pertama yang dikembangkan menggunakan JAVA sebuah remote kontrol yang diberi nama Star 7.Pada saat yang sama, World Wide Web dan Internet berkembang sangat cepat. Gosling menyadari bahwa Java dapat digunakan untuk pemrograman Internet.Dengan keluarnya versi 1.2, platform Java telah dipilah-pilah menjadi beberapa edisi :The Standard Edition(J2SE), Enterprise Edition(J2EE), Mobile Edition(J2ME), dan JavaCard API.



2. Gambaran J2ME
J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen. Perangkat ini memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei, layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah.Dengan perkembangbiakan perangkat mobile konsumer dari telepon, PDA, kotak permainan ke peralatan-peralatan rumah, Java menyediakan suatu lingkungan yang portable untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi pada perangkat ini.Program J2ME, seperti semua program JAVA adalah diterjemahkan oleh VM. Program-program tersebut dikompile ke dalam bytecode dan diterjemahkan denga Java Virtual Machine(JVM).Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat. J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak harus dikompile ulang supaya mampu dijalankan pada mesin yang berbeda.Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu sistem J2ME. Ia menggambarkan core library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan.

Sebuah profile memberikan library tambahan untuk suatu kelas tertentu pada sebuah perangkat. profile-profile menyediakan user interface(UI) API,persistence, messaging library, dan sebagainya. Satu set library tambahan atau package tambahan menyediakan kemampuan program tambahan. Pemasukan package ini ke dalam perangkat J2ME dapat berubah-ubah karena tergantung pada kemampuan sebuah perangkat. Sebagai contoh, beberapa perangkat MIDP tidak memiliki Bluetooth built-in, sehingga Bluetooth API tidak disediakan dalam perangkat ini.

3 Configuration 
Suatu configuration menggambarkan fitur minimal dari lingkungan lengkap Java runtime. Untuk menjamin kemampuan portabilitas dan interoperabilitas optimal diantara berbagai macam perangkat yang dibatasi sumber dayanya(memory, prosesor, koneksi yang dibatasi), configuration tidak menggambarkan fitur tambahan. Suatu configuration J2ME menggambarkan suatu komplemen yang minimum dari teknologi JAVA. Adalah merupakan tugas profile-profile untuk menggambarkan tambahan library untuk suatu kategori perangkat tertentu.configuration menggambarkan:
●Subset bahasa pemrograman JAVA
●Kemampuan Java Virtual Machine(JVM)
●Core platform libraries
●Fitur sekuriti dan jaringan

4. Profile
Suatu profile menggambarkan set-set tambahan dari API dan fitur untuk pasar tertentu, kategori perangkat atau industri. Sementara configuration menggambarkan library dasar, profile-profile menggambarkan library yang penting untuk membuat aplikasi-aplikasi efektif. Library ini  memasukkan user interface, jaringan dan penyimpanan API.
»»  READMORE...

Mengenal Google Sketchup

Mau bikin rumah? upsss maksudnya ingin punya rumah idaman sendiri, hasil karya rancangan sendiri? so pasti sobat semua pengenkan. Ok the... kali ini saya ingin memperkenalkan salah satu software yang tentunya tidak asing lagi terutama di kalangan para arsitekture. Google Sketchup. itu lah namanya. software ini terbilang gratis serta pemakaiannyapun tidak terlalu rumit terutama bagi pemula yang ingin belajar tentang design arsitecture. 
anda bisa download software nya di sini.

Saat ini, pembuatan bangunan ataupun rancangan suatu bentuk benda baik dua dimensi ataupun tiga dimensi sudah banyak yang bisa. Program yang sangat familiar adalah Autocad. bisa di bilang software ini merupakan dasar untuk kita membuat rancangan bangunan ataupun sejenisnya. namun bagi pemula program ini memang terbilang rumit karena di dalamnya di sertkan berbagai bentuk penghitungan matematis agar rancangan tersebut tepat dan sesuai dengan skalanya. Tidak berbeda dengan Autocad, Google Sketchup juga menggunakan penghitungan matematis ini di karenakan kita ingin membuat suatu rancangan yang akan di aplikasikan langsung kelapangan. namun Google Sketchup dalam penggunaannya lebih mudah di bandingkan Autocad, selain memiliki tampilan yang lebih segar karena tidak dominan dengan warna hitam (seperti Autocad), juga dalam membentuk bangunan tiga dimensi lebih mudah lagi. karena kita hanya menggunakan printah dari icon. 

Dalam perotasian objek ketika menggambar juga lebih mudah melihat posisi depan, belakang, bawa, atas, kiri dan kanan. hanya dengan menggunakan satu icon. hal ini tentunya jauh berbeda dengan Autocad yang harus menggunakan satu perintah (icon) untuk satu posisi. 
Selain itu, Untuk menunjang pembuatan secara Real, google sketchup juga menyediakan pasilitasnya secara langsung. di dalam software tersebut sudah tersedia banyak komponen serta material yang bisa anda gunakan untuk menunjang pembuatan gambar anda agar terlihat lebih nyata, seperti pohon, kaca, jendela, pintu, rumah, bunga, motor, mobil dll. namun anda juga bisa mendownload nya jika ada komponen yang di butuhkan dan tidak ada di program tersebut. tinggal di cari saja di mbah google yach ehhehe.... kata kuncinya komponen untuk google sketchup.

Banyak lagi fasilitas yang terdapat dalam Google Sketchup. yang tentunya akan membuat kita lebih mudah dalam merancang rumah impian anda. 
demikian artikel kali ini, untuk tutorialnya yang lain tentang google sketchup akan saya lanjutkan,,, di tunggu yachhh tentunya dengan prakteknya langsung ke softwarenya.... karena untuk tutorial kali ini hanya memperkenalkan sedikit tentang Google Sketchup.
»»  READMORE...

Animasi Mask Pada Flash 8

Animasi mask termasuk salah satu animasi dasar dari yang harus dikusai jika seseorang ingin mahir membuat animasi. Contoh animasi mask yang sederhana adalah animasi sorot lampu panggung. Untuk membuat animasi ini dibutuhkan 3 layer, animasi tween-motin dan animasi mask.
Langkah-langkah pembuatan animasi mask:

Langkah 1:
Buat 3 layer dengan nama: Sorot, Objek dan Lampu. Untuk mengubah nama layer tinggal klik 2x layer yang akan diganti namanya.

Layer Sorot Objek dan Lampu

 Langkah 2:
Klik layer objek, setelah itu buat teks bertuliskan NAMA ANDA menggunakan text tool. Beri warna biru pada teks dengan fontasi Arial.

Langah 3:
Klik layer Lampu, buat animasi lingkaran yang bergerak dari kiri ke kanan, gunakan tweenmotion,
sampai dengan frame 40. Posisikan lingkaran agar tepat dengan lingkaran yang ada di sebelan kanan.

Tween-motion pada layer Lampu


Langkah 4:
Klik layer Objek, tekan F5 (insert frame) pada frame 40 atau klik kanan pada frame 40.

Langkah 5:
Klik layer Sorot-frame 1, kemudian klik layer Lampu-frame 1, tekan Ctrl + C (Copy), klik kembali layer Sorot-frame 1 dan Ctrl + Shift + V (Paste In Place ).

Langkah 6:
Klik layer Lampu-frame 40 (frame terakhir), tekan Ctrl + C. Klik layer Sorot-frame 40, klik kanan insert keyframe (F6) kemudian Ctrl + Shift + V untuk paste in place. Gerakkan objek lingkaran yang kiri, ke kanan.

Langkah 7:

Klik layer Sorot-frame 1, tambahkan tween-motion. Klik kanan layer Lampu, pilih Mask.

Layer tween-motion yang benar

 


 


Penambahan Mask pada layer

Langkah 8:
Tekan Enter untuk Play atau Ctrl + Enter untuk Test Movie
Animasi mask yang benar tampak seperti sorot lampu panggung


 semoga bermanfaat ................... thanks
»»  READMORE...

Sekilas Tentang System Operasi MAc OS

Mac OS atau Macintosh Operating System adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer yang di gunakan untuk mengoperasikan komputer notebook apple macintosh. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos di ciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7? atau “Sistem 7?. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.

Awalnya Apple juga sengaja menyembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.

Sistem Mac OS
a. Mac OS Klasik
Mac OS “Klasik” merupakan sistem yang pertama dikeluarkan oleh Mac pada tahun 1984 hingga Mac-OS 9. Mac-OS klasik dikenali sebagai satu sistem yang tidak memiliki sembarang command line atau baris perintah dan juga merupakan sistem yang menggunakan user interface (UI) sepenuhnya. Karena mudah untuk di gunakan, sistem ini juga dikritik karena menggunakan cooperative multitasking.

b. Mac OS X
Mac OS X (huruf “X” itu disebut sepuluh, yaitu huruf romawi) yang lebih baru. Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac. Pengurusan memori yang jauh lebih baik dapat lebih banyak melakukan pengisian secara bersamaan dan menutup kemungkinan pengisian akan saling menghancurkan terhadap pengisian lainnya.

Kelebihan Mac OS
a. Lebih stabil karena menggunakan UNIX
b. Multitasking.
c. Bisa mengenal file format windows.
d. Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia.
e. Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
f. Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak.
g.  Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data.
h. Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
i.  Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
j. Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
k. Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.

Kekurangan Mac OS
a. Mahal.
b. Hanya cocok untuk graphic designer.
c. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
d. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
e. Software di Mac OS tidak begitu lengkap.
f. Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.

Kiranya itu saja penjelasan untuk Mengenal Sistem Operasi Mac OS, saya sendiripun kurang begitu memahami coz belum pernah isntall di pc sendiri, cuman pernah make lepi temen yang pake Mac Os dan memang benar untuk masalah grapich jangan diragukan... 
Dan tentang artikel ini kebetulan saya juga dapat dari blog teman saya .... saling berbagi ilmu kan g' papa yach hheheheeheh semoga bermanfaat.

»»  READMORE...
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme