KOMPUTER

Apa Itu Komputer ?
Kata Komputer berasal dari bahasa latin, yaitu COMPUTARE yang artinya menghitung. Dalam bahasa inggris di sebut TO COMPUTE. Secara definisi Komputer dapat di terjemehkan sebagai  "Sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama yang dapat melakukan proses menginput (memasukkan/menerima data), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) yang terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di dalam memory "


dari pengertian diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa komputer berfungsi dalam membantu manusia dalam pekerjaan yang berhubungan dengan data dan informasi. cara kerja komputer terbagi menjadi 3 yaitu : 



  1. INPUT DEVICE (Peralatan Input) , Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk proses memasukkan data / informasi awal ke dalam memory komputer. perangkat yang di gunakan dalam hal ini seperti : 
  2. Keyboard
    Mouse
    JoyS
    • Keyboard,
    • Mouse
    • Joystik
  3. PROSESOR, Merupakan perangkat utama komputer yang fungsinya untuk mengelola seluruh aktifitas komputer. Prosesor terdiri dari tiga komponen utama, yaitu :
    • Control Unit (CU)/Kontrol , Merupakan Komponen utama prosesor yang bertugas mengontrol semua perangkat yang terpasang oada komputer, mulai dari input device sampai output device.
    • ALU (Arithmetich Logic Unit)/Aritmatika dan Logika, merupakan bagian dari Prosesor yang mempunyai tugas khusus untuk mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan)
    • Memory Unit, Berfungsi sebagai unit pendukung, di mana perintah - perintah yang sering digunakan oleh prosesor akan tersimpan sementara / permanen pada bagian ini. memori terbagi atas 2 macam, yaitu 
      • Internal , misalnya RAM , yaitu memory yang dapat di akses secara random. Bersifat sementara penyimpanannya yang berfungsi saat komputer hidup, ketika komputer mati maka seluruh data yang tersimpan dalam memory internal ini akan hilang kecuali jika telah dipindahkan dalam memory External. tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer. 
      • Eternal, misalnya Harddisk, Disket & Flashdisk, yaitu memori yang bersifat permanen penyimpanannya. dimana dapat meyimpan data secara tetap meskipun komputer dalam keadaan mati data tersebut tidak akan hilang.
    • ROM (Read Only Memory), Media penyimpanan program yang dibutuhkan untuk pengenalian fungsi - fungsi dasar komputer (BIOS). Memory ini hanya bisa dibaca, tidak dapat di hapus ataupun diubah, dan sudah diisi oleh pabrik komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupka. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk  mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. saat ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak mecamnya, antara lain:
      • PROM (Programabke ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi di program.
      • RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan ROM dari versi PROM di mana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang kita inginkan.
      • EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
      • EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mnegubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak dihunakan saat ini. 
  4. OUTPUT DEVICE (Perralatan Keluaran),  Merupakan perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu kertas (hardcopy), ke layar monito (softcopy) atau keluaran berupa gambar dan suara  dan ini merupakan proses menyampaikan informasi akhir ke user (pengguna) komputer. perangkat yang di gunakan dalam hal ini seperti : 

    Monitor


    Speaker
    • Monitor 
    • Speaker
    • Printer


Printer



Dari gambar serta penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa prinsip kerja komputer adalah dengan di awali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut di oleh sedemikian rupa oleh CPU sesuai yag kita inginkan dan data yang telah dioleh tadi disimpan dalam memory komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

1 Response to "KOMPUTER"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme