APA ITU JARINGAN KOMPUTER ?

JARINGAN KOMPUTER adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel - kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama - sama menggunakan hardware / software yang terhubug dengan jaringan. setiap komputer , printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan NODE. sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua , puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.


Jaringan komputer dan manfaatnya 
 Jaringan komputer dapat di artikan sebagai satu himpunan interkoneksi sejumlah komputer. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu network atau jaringan komputer bila keduanya dapat saling bertukar informasi.


Secara umum , jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri (STAND ALONE), yaitu dalam hal :
  1. jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing - masing meja kerja. selain tu , lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi STAND-ALONE terpisah untuk jumlah pengguna sama. 
  2. jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap handal dan up-to-date. sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses. 
  3.  jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). tranfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan saran berbagi data lainnya yang bukan jaringan (Flashdisk, Disket, CD dan sebagainya)
  4. jaringan memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. surat dan penyampaian pesan elektronik (e-mail) merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware. dimana semuanya membantu tim bekerja lebih produktif. 
  5. jaringan membantu usaha dalam melayani klien merka secara lebih efektif. akses jarak jauih ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok. 

1 Response to "APA ITU JARINGAN KOMPUTER ?"

  1. bermanfaat sekali min infonya ini..
    http://cody.id/produk/solder-flux/

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme