Mengenal Teknologi Prosesor Dual-Core

Setelah sukses dengan prosesor Dual-Core-nya yang bertajuk Intel Core Dua, Intel kemudian menghadirkan prosesor generasi selanjutnya, yaitu Intel Core 2 Duo dan Intel Core 2 Extreme. Penggunaan Core 2 ini juga menandai era prosesor Intel yang baru, di mana brand Intel Pentium yang sudah digunakan sejak tahun 1993 di ganti menjadi Intel Core. 


Pada desain kali ini Intel Core 2 sangat berbeda dnegan NetBrust. Pada NetBrust yang diaplikasikan dalam Pentium 4 dan Pentium D, Intel lebih mengedepankan clock speed yang sangat tinggi. Sedangkan [ada Arsitektur Core 2 yang baru tersebut, Intel lebih menenkankan peningkatan dari fitur - fitur dari CPU tersebut, seperti Ch\ache size dan jumlah dari core yang ada dalam prosesor Core 2. Pihak Intel mengklaim, kom\nsumsi daya arsitekture yang baru tersebut hanya memerlukan sangat sedikit daya jika dibandingkan dengan jajaran prosesor pentium sebelumnya. 


Intel Mengungguli AMD?
Berikut adalah argumen - argumen tentang kinerja Core 2 dari beberapa situs hardware. Rata - rata mereka menyimpulkan beberapa hal yang sama , antara lain : 

  • Core 2 mengungguli keluarga Athlon 64 baik X2 ataupun FX dalam segala hal, termasuk untuk game yang biasanya AMD selaluunggul disana
  • Core 2 mempunyai performa yang luas biasa, namun Anda harus siap menebusnya dengan harga tinggi 
  • Core 2 adalah prosesor x86 yang tercepat saat ini , baik untuk model single-core maupun dual core
  • Core 2 hanya membutuhkan sedikit konsumsi daya jika di\bandingkan dengan prosesor desktop yang lain 
Apakah daat disimpulkan bahwa nasib prosesor AMD sudah berakhir ? Khusus untuk kalangan ovel\rlocker dan ethusiast, nama AMD masih menjadi acuan bagi mereka. Untuk menghadapi rivalnya tersebut, dari pihak AMD  senediri akan memangkas harga prosesor AMD di pasaran, sehingga para user bisa mendapatkan sebuah prosesor dengan harga yang terjangkau namun dengan performa tinggi. 


Tidak lama lagi Intel akan meluncurkan prosesor dengan Quad Core yang pertama dengan kode Kentsfi eld, namun AMD rupanya tidak tinggal diam karena pada waktu yang bersamaan AMD akan meluncurkan prosesor dengan teknologi 65 nm yang pertama. Bisa terlihat bahwa persaingan antara Intel dan AMD belum berakhir. 

0 Response to "Mengenal Teknologi Prosesor Dual-Core"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme