Kinerja Komputer / Laptop Lambat


Untuk kasus seperti ini, banyak faktor yang berpengaruh dan menyebabkan lambatnya kinerja komputer Anda.
1. Kapasitas hardisk
Hardisk yang hampir penuh akan sangat memperlambat performa komputer secara keseluruhan. Periksa kapasitas hardisk yang Anda gunakan. Jika pemakaiannya telah mencapai 80% atau bahkan 90%, maka segera ambil tindakan yang dibutuhkan, misalnya:
  • Backup data yang agak jarang Anda gunakan (arsip) ke dalam media lain, seperti DVD atau media lainnya. Jika memungkinkan, Anda dapat menghapus file data yang memang tidak digunakan lagi, apalagi yang berkapasitas raksasa (umumnya file multimedia, dll)
  • Lakukan defragmentasi rutin pada hardisk, sehingga penataan file lebih kompak dan menghemat banyak space pada hardisk
  • Usahakan penggunaan kapasitas hardisk tidak lebih 80% dari kapasitas total hardisk
2. Banyaknya aplikasi yang ter-instal
Setiap program/aplikasi yang terinstall tentu akan menambahkan beban baru pada komputer Anda. Periksa kembali daftar aplikasi yang terinstal dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada baiknya jika Anda me-remove/uninstall program yang tidak Anda gunakan lagi atau mungkin Anda bisa mematikan service program tersebut (cara terakir butuh kejelian untuk melakukan).
3. Virus
Virus juga merupakan salah satu penyebab utama komputer berjalan lambat. Mengapa virus memperlambat jalannya komputer? Virus selalu melakukan interupsi pada algoritma sebuah aplikasi yang telah terinfeksi oleh virus tersebut. Selain itu virus juga membuat service-service yang mengganggu. Scan dan bersihkan harddisk Anda dari virus. Jika memang system Anda terinfeksi oleh virus maka cara ini (scanning & cleaning) pasti akan sangat meningkatkan performa komputer.
Komputer / Laptop Panas
Komputer atau Laptop pada umumnya jika terlalu panas disebabkan karena telalu lama pemakaian. Device tersebut bekerja terlalu keras, atau mungkin disebabkan karena cooling systemnya tidak berkerja dengan baik. Tanda cooling system tidak bekerja dengan baik biasanya kipasnya berbunyi kencang.
Istirahatkan komputer selama beberapa jam. Jika diperlukan, perhatikan proses cooling pada komputer telah berjalan dengan baik, seperti kipas maupun sirkulasi udaranya.
Itulah permasalahan umum yang harus Anda ketahui sebagai pengguna komputer, laptop atau bahkan gadget lain yang menggunakan system komputerisasi. Yang mana, memungkinkan untuk Anda antisipasi atau tanggulangi sendiri sebelum Anda meminta bantuan seorang profesional untuk mengatasi permalahan yang Anda anggap lebih rumit.

Input / Output

Permasalahan dengan Input/Output :
Sering kali akitifitas ber-komputer kita tidak terlepas dengan aktivitas lain; Makan misalnya. Ketika kita makan sambil beraktifitas dengan komputer otomatis serpihan makanan dan kotoran akan menempel di keyboard dan mouse yang jika itu dilakukan sering maka akan masuk kedalam. bersihkan secara rutin perbulan dengan menggunakan kuas untuk keyboard dan me-lap dengan tisu yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan mouse.
Jika Port VGA, Printer, Lan Card dan lain-lain tidak berfungsi dengan baik yang harus Anda lakukan pada umumnya adalah  membersihkannya dahulu sebelum Anda mengklaim bahwa komponen ini rusak. Mengapa port output ini sering bermasalah? kasus umumnya adalah karena ada input port yang kotor oleh debu dan dimasukan keport komputer maka secara langsung akan mengotori dan menghambat transfer data


0 Response to "Kinerja Komputer / Laptop Lambat"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme