Komputer Tidak Mau Hidup

Hal yang paling sering kita temui dan membuat jengkel dengan komputer terutama adalah ketika di hidupkan tapi tidak mau tampil di monitor. Hal ini membuat pengguna panik dan segera buru-buru memembawa ke atau memanggil teknisi service komputer
Sebelum anda menyerah dan membawa komputer kita ke tempat service, alangkah baiknya bila kita mencoba menganalisa apa penyebab komputer tidak dapat dioperasikan. 
Cara yang paling umum bila komputer “tidak mau dihidupkan” adalah daya listrik ke PC sebenarnya masuk tetapi tidak menampilkan apa-apa di monitor.
Kita melihat lampu pada komputer dan mendengar Kipas bekerja dari dalam tetapi sama sekali tidak muncul di layar Monitor.
Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa monitor tidak menampilkan informasi sehingga sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa penyebabnya pada langkah-langkah dibawah.

1. Periksa monitor Kita. Sebelum kita mulai mengatasi masalah dan  memeriksa komponen dalam CPU , pastikan monitor. Karena bisa jadi komputer tidak hidup disebabkan  monitor usak atau kabel monitor ada yang putus kabelnya atau tidak terpasang dengan baik pada soket VGA.

2. Pastikan bahwa PC kita sepenuhnya dalam keadaan tersambung dengan listrik.
Sering kali terjadi komputer tidak muncul di monitor padahal sebenarnya komputer dalam keadaan Standby atau Hibernate (mode hemat daya) pada system Windows.
Catatan: Kita bisa benar-benar matikan komputer dalam keadaan modus Hibernate dengan menahan tombol power selama 3 sampai 5 detik. Setelah power benar-benar off, nyalakan PC  dan tes untuk melihat apakah komputer akan boot normal.

3. Dengan kode bep jika kita  mendengar kode bip akan memberi Anda input yang tepat di mana kita dapat mencari penyebab dari komputer Anda mati dari kode beb tersebut.
Jika kiya tidak dapat menyelesaikan masalah dengan masalah kode bep tertentu, kita selalu dapat kembali ke awal dan melanjutkan dengan langkah-langkah di bawah ini.

4. Clear CMOS. Menghapus memori BIOS pada motherboard  akan kembali pengaturan BIOS ke setting default pabrik. Akibat dari kesalahan konfigurasi BIOS bisa menyebabkan PC Anda tidak dapat startup.
Penting: Jika dengan cara mengclear CMOS tidak memperbaiki masalah, pastikan setiap perubahan yang kita buat dalam BIOS diselesaikan satu per satu sehingga jika kembali mendapatkan masalah, Kita akan tahu dimana perubahan yang menyebabkan masalah komputer.

5. Pastikan saklar catu daya tegangan diatur dengan benar. Jika tegangan masukan untuk catu daya tidak benar (berdasarkan tegangan yang dibutuhkan) maka komputer kita tidak dapat dihidupkan sepenuhnya.
Ada kemungkinan bahwa PC tidak akan menyala sama sekali jika listrik tidak memenuhi standard tegangan yang dibutuhkan, tapi tegangan listrik yang tidak benar pasokan dayanya juga dapat menyebabkan komputer  tidak dapat di hidupkan.

6. Pasang kembali segala sesuatu yang mungkin ada di dalam PC Anda. Setting ulang mungkin akan dapat memperbaiki kembali berbagai koneksi di dalam komputer.
Coba instal ulang perangkat keras dengan cara berikut ini dan kemudian lihat apakah komputer mulai menampilkan sesuatu di layar:
  • Pasang kembali semua kabel data internal dan kabel listrik
  • Pasang kembali modul memori
  • Pasang kembali semua kartu ekspansi
7. Ulangi pemasangan CPU jika kita menduga bahwa mungkin cpu tersebut longgar atau mungkin belum diinstal dengan benar.

8. Periksa penyebab arus hubung singkat listrik di dalam komputer. Hal ini sering menyebabkan masalah ketika power komputer di off dengan sendirinya karena arus hubung singkat dapat menjadi penyebab komputer anda tidak dapat dihidupkan.

9. Uji power supplay. Power Suplay (PSU) cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sering menjadi penyebab komputer tidak mau dihidupkan.
Ganti power supply  segera jika gagal setiap tes yang kita lakukan.

10. Hidupkan komputer dengan perangkat keras penting saja. Tujuan di sini adalah untuk melepaskan perangkat keras sebanyak mungkin dan tetap mempertahankan kemampuan PC untuk mendapatkan daya.
Jika komputer mulai normal dengan hanya hardware penting yang terpasang, lanjutkan ke Langkah 11.
Jika komputer  masih tidak menampilkan apa-apa di monitor , lanjutkan ke Langkah 12.
Penting: Langkah ini cukup mudah bagi pemula untuk menyelesaikannya, tidak membutuhkan peralatan khusus.

11. Instal ulang setiap bagian dari perangkat keras yang kita lepaskan pada Langkah 10, satu per satu, dan hidupkan komputer.
Karena komputer dinyalakan dengan hanya perangkat keras penting diinstal, komponen-komponen harus bekerja dengan baik. Ini berarti bahwa salah satu komponen hardware yang anda lepas tadi yang menyebabkan PC Anda tidak mau hidup. Dengan menginstal setiap perangkat kembali ke PC  dan melakukan pengujian setiap kali satu komponen terpasang, maka kita akan menemukan masalah yang menyebabkan komputer anda mati

12. Uji perangkat keras komputer kita dengan menggunakan kartu Power On Self Test. Jika PC  masih tidak menampilkan informasi di monitor dengan hanya memasang perangkat keras yang penting saja, kartu POST akan membantu mengidentifikasi hardware yang lainnya yang menyebabkan komputer  tidak dapat digunakan.
Jika kita tidak memiliki dan tidak mau membeli kartu POST, lanjutkan ke Langkah 13.

13. Ganti setiap bagian dari perangkat keras penting di komputer kita dengan cadang komponen kompouter yang identik atau yang sama dengan perangkat keras yang terpasang pada komputer, Uji setelah setiap penggantian hardware untuk menentukan komponen yang rusak.
Catatan: Pengguna komputer rata-rata tidak memiliki komponen cadangan. Jika anda tidak memilikinya, saran saya adalah untuk kembali ke Langkah 12. Beli Kartu POST lebih murah daripada menyediakan komponen komputer untuk cadangan.

14. Akhirnya, jika semuanya gagal, Berarti kerusakan terdapat pada motherboard komputer , kemungkinan besar adalah chipset komputer yang telah rusak dan tidak bekerja yang menyebabkan komputer  tidak dapat di hidupkan.

Jika memang hal ini yang terjadi, sudah seharusnya komputer / PC tersebut anda bawa ke Service dengan mengganti Motherboardnya, karena hal ini tidak mungkin diperbaiki kecuali Kita memiliki keahlian untuk mengatasi kerusakan pada Motherboard. Saran saya,, Lebih baik di ganti dibandingkan harus susah payah memperbaiki... heheheheh

0 Response to "Komputer Tidak Mau Hidup"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme