Printer

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilakn data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar / grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbai atas bebrpa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas daru tray. Tray ialah tempat menaruh kertas.tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang di sebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh peanasan, sedangkan tnta atau inkjet tak butuhpemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head tersebut
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke kimputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau senis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area I inci. Emain tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.
 Jenis Printer
Jenis Dot-Matrix
Printer jenis ini tergolong jenis printer yang mencetak kertas dengan caralangsung”. Artinya, head printer angsungmengetuk” pita tinta yang berhadapan sama kertas. Keuntungannya, cara krja dot matrix yang mirip mesin tik ini bisa diaplikasikan juga buat pencetakan beberapa kertas sekaligus, dengan kertas karbon yang diselipkan di tiap halaman kertas


Printer Dot – Matrix adalah pencetak yang resolusinya masih sangat rendah.s elain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan erlihat sepertyi titiktitik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-mtrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenalbandel” (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer inkjet dan laserjet. Printer ini menggunakan Ribbon sebagai pencetaknya. 



Jenis Ink –Jet 
 Inkjet  printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer inkjet tidak sama, tergantung ada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer. pemasangan tinta inpus pada printer ini harus sama tinggi dengan printernya. hal ini karena jika pemasangan terlalu tinggi maka tinta bisa terlalu berlebihan dan dapat mengakibatkan kebocoran pada catrigh. sedangkan jika terlalu rendah maka tinta yang keluar tidak maksimal. oleh karena itu pasangkan inpus sejajar dengan printer.

 Printer ini menggunakan Dye Ink. Jenis dan sifat dari tnta ini adalah :
  •          Mudah larut dengan air / non water resist
  •          Memiliki varian warna yang lebih banyak / wide colour gamut
  •           Kurang tahan pada perbahan cuaca dan waktu / poor UV resistence and Weakest Longevity Ratings
  •          Waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih lama dibandingkan dengan tinta pigment
  •          Tinta Dye ini kemudian di kembangkan lagi menjadi Dye Sublimation Ink, yang mana tinta jenis ini di pakai pada media cetak khusus, seperti Mug, Kaos atau Keramik. jenis tinta ini tahan terhadap airm cuaca dan waktu / good duratbility, agar tinta tahan dan solid harus melalui heating proses.
saat ini sudah dikenal yang namanya Pigment Ink dimana tinta ini digunakan juga pada printer jenis ini dengan eknologi yang lebih maju. Jenis dan sifat tinta ini :
  •          Lebih tahan lama terhadap air / Water Resist
  •          Varian warna tidak sebanyak Dye Ink / Small Colour Gamut
  •           Lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan waktu /Strength UV Resistence and Strong Longetivy Ratings. 
  •           Waktu pengeringan tnta pada media cetak cepat dibandingkan dengan tinta Dye Ink 
  •           Warna dan prtikel tinta lebih solid pada cetakan kertas

Jenis Laser Inkjet

Pencetak ini penulisannya dengan menggunakan sinar laser, sehingga kecepatan kerjanya cukup tinggi, dapat mencapai 10.000 cps, sekaligus dengan esolusi yang cukup halus.

Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan fotocopy. Caya cetaknya juga cukup banyak bisa mencpai lebih dari 10 lembar permenit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
Keuntungan yang paling besar adalah kecepatannya, presisinya, lebih economis. Laser yang berada dalam laser printer dapat mencetak jauh lebih cepat daripada inkjet printer. Dan karena balok laser mempunyai diameter yang tidak bervariasi, maka dari iru printer ini dapat menggambar dengan presisi, tanpa memakai tinta yang berlebihan.
Laser printer harganya lebih mahal daripada printer inkjet, tapi lebih kuat dan tidak perlu sering menservisnya
Printer jenis ini menggunakan Toner atau tinta bubuk untuk pencetaknya. pada masa - masa awal serbuk yang digunakan adalah karbon biasa. namun, untuk meningkatkan mutu cetakan, bahan yang digunakan adalah campuran carbon dengan polimer. partikel - partikel pada tinta bubuk melelh karena panas pada pelebur (fuser), dan kemudian melepkat pada kertas.


Sebenarnya masih banyak lagi jenis printer namun yang terkenal dan lebih banyak digunakan oleh masyarakat adalah ketiga jenis tersebut. untuk masing - masing printer memiliki kelebihan dan kekuarangan masing - masng sehingga untuk pemilihan dan pembelian printer disesuakan dengan penggunaannya. sehingga sesuai dengan fungsinya masing - masing dan didapat hasil cetakan yang bagus.  

1 Response to "Printer"

  1. thanks informasinya mengenai printer ini min...
    http://cody.id/produk/blower/preheating-cody-853a/

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme