Sistem Bilangan

Ada beberapa sistem bilanagn yang digunakan dalam sistem digital. Yang paling umum adalah sistem bilangan desimal, biner, oktal dan heksadesimal. Sistem bilangan desimal merupakan sistem bilangan yang paling familier dengan kita karena berbagai kemudahannya yang kita pergunakan sehari – hari. Sistem bilangan biner merupakan sistem bilangan yang paling banyak digunakan dalam sistem digital karena sistem bilangan ini secara langsung dapat mewakili logika yang ada. Sementara itu sistem bilangan oktal dan heksadesimal biasanya banyak digunakan dalam sistem digital untuk memperpendek penyajian suatu bilangan yang tadinya disajikan dalam sistem bilangan biner.
Secara umum bilangan dapat dibagi menjadi beberpa kategori. Dari segi koma desimal (point), bilangan dapat dibagi menjadi bilangan bulat (integer number/fixed – point number) dan bilangan pecahan (floating – point number). Dan dari segi tanda, bilangan dapat dibagi menjadi bilangan tak bertanda (unsigned number) dan bilangan bertanda (signed number).
Pada  pembahasan kali ini saya belum menjelaskan tentang sistem bilangan ini secara mendetail. Hanya memberikan sedikit gambaran kepada pembaca tentang sistem bilangan. Untuk pembahasan yang lainnya akan saya jelaskan pada tutorial selanjutnya. 
...

0 Response to "Sistem Bilangan"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme