Ms. Access

MS ACESS IS APLICATION FROM MS OFFICE PRODUCTION Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi dasis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft power Point. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL ServerOracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar  OOBC. Para pengguna/Programer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik Pemprograman Berorientasi Obyek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

Membuat Tabel pada Microsoft Acces


Tabel merupakan komponen yang sangat penting di dalam aplikasi pengolahan data. Di dalam tabel-lah semua data disimpan. Jika tidak ada tabel tentu saja kita tidak dapat menyimpan data untuk diolah.

Berikut adalah langkah-langkah membuat tabel dalam Microsoft Access 2002/2003:
  1. Jalankan atau buka program aplikasi Microsoft Access pada komputer anda.
  2. Pada menu bar klik menu Insert lalu pilih Table, maka akn muncul window New Tabel dialog box.

  3. Pilih Design View, lalu klik tombol OK
  4. Akan muncul dialoh box table seperti gambar berikut:

  5. Sebagai contoh kita akan membuat tabel Master data Karyawan dengan field-field sebagai berikut:

  6. Set field NIK sebagai Primary Key dengan cara mengklik kanan pada field NIK lalu pilih Primary Key pada menu popup yang muncul.

  7. Klik tombol Save pada toolbar untuk menyimpan (save) tabel yang baru saja dibuat, lalu beri nama KARYAWAN, lalu klik tombol OK.

  8. Selesai,,, Tinggal isikan datanya.. namun pangisian data pada tabel hanya data yang diinputkan bukan data proses. 

Membuat Query pada Microsoft Access


Saya akan coba menjelaskan bagaimana membuat suatu Query dari gabungan beberapa table. Bisa 2 tabel, 3 tabel, dan seterusnya. Tapi kali ini saya hanya ingin membuat Query dari gabungan 2 tabel saja J. Dalam proses pembuatan Query ini, yang pertama jelas kita harus membuat 2 buah table utama  terlebih dahulu, kemudian membuat suatu Relationship baru setelah itu kita menggabungkan 2 tabel itu untuk menjadi suatu Query.
Ok, Yang pertama kita mulai dengan membuat 2 buah table. Kali ini saya akan membuat database mengenai penjualan suatu tiket pertandingan sepak bola. Pada table awal yang muncul pilih View->Design View  yang terletak dipojok kiri, beri nama table tersebut kemudian save.  
Pada tampilan Design View yang muncul kemudian isikan data seperti berikut
Setelah itu isikan data yang akan dimasukan pada TTiket sebagai berikut
Pembuatan table pertama selesai, sekarang kita harus membuat table kedua yang akan kita gabungkan langkah-langkahnya sama saja seperti pembuatan TTiket hanya isi dari database-nya saja yang berbeda. Isi dari table kedua adalah sebagai berikut, dengan nama TBeli.
Setelah tahap pembuatan table selesai tahap selanjutnya adalah membuat suatu Relationship untuk kedua table tersebut, caranya pilih Database Tools->Relationship.
Kemudian add  TBeli dan Ttiket, setelah itu drag field Tribun yang ada pada TTiket menuju field Tribun pada TBeli. Buat susunannya seperti berikut, Ok dan Save Relationship tersebut.
Setelah tahap Pembuatan table dan Relationship selesai kemudian langkah selanjutnya adalah membuat Query yang telah dimaksudkan sebelumnya. Pilih Menu Create kemudian pilih Query Design.
Add  TBeli dan TTiket, kemudian aturlah susunannya sebagai berikut
Pilih Menu Datasheet View dipojok atas seblah kiri untuk melihat hasil akhirnya.

Query gabungan dari 2 Tabel akan tampak seperti gambar diatas. Dengan adanya pembuatan Query seperti ini akan memudahkan *** ketika suatu saat nanti kita perlu merubah suatu data di dalam databse yang telah dibuat sebelumnya. Kita tidak perlu merubah data secara keseluruhan secara manual satu persatu, cukup pada table-tabel utama saja kita merubah datanya.
Demikian Semoga Bermanfaat... 


MEMBUAT REPORT (LAPORAN) DENGAN MICROSOFT ACCESS

Sering kali kita ingin membuat laporan dengan mudah dan menarik. Kita dapat menggunakan Microsoft Access untuk membuat laporan atau report. Berikut ini saya akan mencoba untuk membuat laporan atau report dengan menggunakan Microsoft Access.

Report adalah laporan yang merupakan hasil dari suatu pekerjaan, baik laporan yang tampil di layar maupun di lembar kertas kerja, berisi informasi yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan tercipta rangkaian data sesuai kriteria dan kebutuhan yang diinginkan.

Langkah-langkah dalam membuat report adalah sebagai berikut:
 Buka Reports dalam Microsoft Access, maka akan tampil seperti gambar berikut:

 Aktifkan jenis obek data reports dan klik dua kali pada “Create report by using wizard”, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:


 Klik tanda > untuk mengaktifkan seluruh field yang akan dilaporkan satu per satu atau klik tanda >> untuk semua field lalu akan masuk kotak kolom sebelah kanan.
 Klik Next untuk langkah berikutnya, maka akan tampil tingkat pengelompokkan data.
 Klik Next untuk langkah penyusunan data berdasarkan kriteria tertentu.
 Klik Next untuk langkah berikutnya, pilih jenis layout yang terdiri dari columnar (bentuk kolom), tabular (bentuk tabel), dan justified (kombinasi keduanya). Untuk orientasi hasil cetak terdiri dari portrait untuk cetak biasa atau Landscape untuk cetak vertikal. Dalam hal ini kita menggunakan Layout tabular dan orientasinya potrait. Tampilan dari jendela tersebut adalah sebagai berikut:


 Klik Next untuk ke langkah selanjutnya. Dalam hal ini kita gunakan jenis pilihan Corporate. Maka akan tampil jendela gaya laporan seperti yang terlihat pada tampilan di bawah ini:


 Klik Next untuk ke langkah selanjutnya, maka akan tampil jendela rekam laporan seperti gambar berikut, tuliskan nama Report pada kotak isian “What title do you want for your report?”


 Klik Finish dalam pilihan “Preview the report” untuk mengakhiri langkah. Secara otomatis data laporan yang kita buat tampil dengan sendirinya seperti yang terlihat di bawah ini:


 Kita dapat mengubah tampilan tersebut dengan cara klik icon Design pada data form kita, dan akan tampil gambar seperti berikut, kita tinggal mengubah sesuai dengan keinginan kita.


Itulah langkah-langkah dalam membuat laporan dalam Microsoft Access. 
Semoga bermanfaat. :)


MEMBUAT FORM DENGAN MS.ACCESS 2007

Form adalah tempat untuk pembuatan window. Kontrol diletakkan pada
form. Kontrol ini misalnya tombol check box, radio button, memo, label, panel,
dan sebagainya.
Field adalah sebuah unit data yang berisi satu atau lebih karakter (byte). Ia merupakan unit terkecil dari informasi berharga dalam database. setiap field memiliki nama field yang menggambarkan jenis data yang harus dimasukkan ke dalam field. Contoh field adalah nama pertama Anda, alamat jalan, atau jenis kelamin Anda.
Field dapat didesain dengan panjang maksimun terntentu. Field juga dapat didesain dengan tipe data berbeda, semisal hanya teks, atau hanya angka, tanggal, waktu, atau bahkan hanya jawaban “ya” dan “tidak”, link web, gambar, suara dan video.
Record adalah kumpulan field-field yang berhubungan. Masing-masing record menyimpan data hanya sekitar satu entitas, yang bisa erupa orang, tempat benda dan peristiwa atau gejala. Contoh record bisa saja nama dan alamat Anda dan Nomor Jaminan sosial Anda.
1. Membuat Form baru
• Kita bisa membuat nya dari tabel yang kita buat dahulu
• Klik tabel,lalu pilih crate form atau kita juga bisa menggunakan form wizard
• Bila menggunakan form wizard kita akan dibimbing per-step
2. Membuka form dan mengisikan data
• Klik pada record form,lalu isikan data yang di inginkan
3. Melompat Ke Record lain
• Klik next record pada bar
4. Menyunting Isi Record
• Kita bisa langsung klik data record yang akan di ubah
5. Menghapus Record
• Kita bisa langsung klik data record yang akan di hapus
6. Berpindah ke tampilan data shift
• Klik kanan pada field
• Lalu pilih datashift view
7. Mengubah lebar kolom dan tinggi baris
• Untuk mengubah lebar kolom>>klik kanan pada kolom/field lalu pilih field width
• Untuk mengubah tinggi baris>>kilk kanan pada baris/record lalu pilih row height
8. Menyembunyikan field
• Klik kanan pada field lalu pilih hide field
9. Membekukan kolom dan membebaskan kolom yang dibekukan
• Untuk membekukan field>>Klik kanan pada kolom/field lalu pilih frezze field
• Untuk membebaskan field>>Klik kanan pada kolom/field lalu pilih unfrezze all field
10. Mencari record
• Klik kanan pada record lalu pilih find
11. Operator dan filter
• Klik Kanan pada form lalu pilih text filters
12. Menyortir record
• Klik kanan pada form lalu pilih sort A To Z (Asscending)untuk data terkecil ke besar atau sort Z To A (Desscending)untuk data besar ke kecil
13. Menyisipkan gambar dalam Record
• Klik crate, lalu pilih record design,lalu pilih icon image
14. Menyisipkan grafik dalam record
• Klik crate, lalu pilih record design,lalu pilih icon insert chart

Dalam tutorial kali ini,,, saya menggabungkan beberapa artikel dari blog teman saya. sehingga secara mendetail antara tabel, query, Report dan Formnya tidak nyambung. Namun disini yang saya ingin jelaskan adalah cara pembuatannya. KArena secara keseluruhan hampir sama, tinggal pengembangan dari kitanya masing-masing. Dan tentunya program yang kita buat pada Ms. Access program dalam skala yang kecil. 

0 Response to "Ms. Access"

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme